Pengertian dan Ruang Lingkup Proyek

Pengertian dari proyek sangat beraneka ragam, apa lagi kalo kita cari di internet atau di buku. banyak definsi yang kita dapat dari banyak sumber. sehingga kalo dirumuskan hanya akan mendapat banyak definsi.

Saya merangkumnya menjadi pengertian proyek adalah : Temporary dan Unique. Artinya proyek itu bersifat ssementara dan unik dari kontentnya. jadi kita bisa membedakan mana pekerjaan yang disebut proyek atau bukan.

Management project
manajemen proyek adalah sebuah metode / prosedur yang mempunyai kemampuan untuk menghandel tugas-tugas yang non-rutin. Dengan kata lain, untuk tugas-tugas rutin, manajemen proyek tidak dibutuhkan – yang digunakan adalah manajemen operasi (operations management).

Salah satu karakteristik utama yg membedakan manajemen proyek dengan manajemen operasi adalah filosofinya. (wadau filosofi ) Manajemen operasi menganut filosofi “management by exception” – artinya bos / pimpinan turun tangan saat ada ‘exception’ atau hal-hal yg aneh / outlier [seperti di control chart-nya QC itu lho]. Jika semua indikator kinerja menunjukkan ‘within tolerance’, maka tak ada yg perlu dilakukan.

Di manajemen proyek filosofinya adalah “everything is exception” – tidak ada rutinitas, tidak ada ada SOP yang strict – semuanya perkecualian karena sifatnya yg unik.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "Pengertian dan Ruang Lingkup Proyek"

  1. Ade Kemala's Blog says:
    5 Oktober 2009 pukul 23.17

    yoi yoi bos guUud tu....

  2. Bayu Widanarto says:
    13 November 2009 pukul 23.32

    asyik,bgs jg

Posting Komentar